Indonesia Jadi Pasar Primadona di ASEAN

Kamis, 11 September 2014 - 15:31 WIB
Indonesia Jadi Pasar Primadona di ASEAN
Indonesia Jadi Pasar Primadona di ASEAN
A A A
JAKARTA - Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Putri K Wardhani mengatakan, Indonesia merupakan pasar potensial dan menjadi primadona untuk produk luar negeri, khususnya pasar ASEAN.

Hal tersebut dikatakan Putri dalam menanggapai akan dibukanya pasar bebas di ASEAN atau ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Pasalnya, jumlah populasi penduduk Indonesia yang Hampir setengah dari jumlah penduduk Indonesia, memunculkan anggapan bahwa Indonesia sangat potensial.

"Indonesia di ASEAN memiliki populasi terbesar, 40%," katanya di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Karena itu, dia menekankan pentingnya dilakukan sertifikasi agar produk Indonesia bisa bersaing di pasar regional.

Dia menjelaskan, sertifikasi produk diperlukan agar produk nasional bisa menembus pasar luar negeri.

Menurutnya, tingkat suku bunga bank di Indonesia masih tertinggi di ASEAN yang mencapai 11,5%. Bahkan nilai tersebut jauh di atas Malaysia sebesar 3% dan Vietnam 7,6%.

Hal tersebut menjadikan Indonesia sulit bersaing dengan negara lainnya di lingkungan ASEAN. "Ini sulit bersaing dalam harga," ucapnya.

Selain itu, juga harus ada proteksi yang membuat produk dalam negeri bisa bersaing. Salah satunya melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 70 Tahun 2013.

Putri mengatakan, melalui Permen tersebut, produk dalam negeri bisa masuk supermarket dan mampu bersaing dengan produk luar negeri. "Saya sudah sampaikan pemerintah baru jangan utak-atik," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4660 seconds (0.1#10.140)